Tips bagaimana cara menghemat daya pakai baterai ponsel

1. Jika telepon Anda memiliki layar AMOLED (seperti kebanyakan Samsung), menggunakan latar belakang berwarna gelap, karena layar AMOLED hanya menerangi pixel berwarna. Menggunakan layar Piksel hitam atau gelap, dapat sedikit menghemat baterai yang Anda butuhkan saat menyalakan Smartphone.

2. Menggunakan latar belakang gelap app/themes dan tema gelap launcher ini akan memperpanjang masa pakai baterai Anda (jika perangkat Anda memiliki layar AMOLED).

3. Jangan menggunakan layar auto-brightness. Karena auto-brightness biasanya cara kita agar terlihat lebih terang jika benar-benar dibutuhkan. dan lebih baik menggunakan cara manual untuk mengatur tingkat kecerahan sehingga lebih terlihat nyaman. Ini adalah salah satu cara utama untuk meningkatkan masa pakai baterai Anda karena layar adalah salah satu pengisap baterai terbesar. Nonaktifkan vibrate. Kecuali Anda benar-benar membutuhkan. Karena Ini benar-benar membutuhkan lebih banyak Power untuk menggetarkan ponsel Anda. Dan jangan lupa untuk Matikan umpan balik haptic, semuanya itu dapat menyebabkan pemborosan baterai.
5. Hanya gunakan baterai asli atau baterai produsen pihak ketiga yang respected. Menyimpan beberapa bucks pada baterai yang dapat merusak smartphone kesayangan Anda.

6. Mengatur tampilan Anda dan layar batas waktu untuk waktu yang sesingkat mungkin dan praktis untuk Anda. Bayangkan, jika batas waktu layar Anda diatur ke menit, itu akan menggunakan empat kali jumlah daya untuk setiap kali Anda mengaktifkan layar Anda, dibandingkan  jika batas waktu Anda diatur ke 15 detik. Penelitian melaporkan pengguna smartphone rata-rata ternyata menyalakan smartphone mereka 150 kali sehari, jadi segala sesuatu yang dapat Anda lakukan untuk membatasi frekuensi agar (melalui self-control atau metode lain yang tercantum di bawah ini) akan membantu menjaga baterai Anda berjalan lebih lama.

7. Mengatur'' waktu sleep'' atau'''' Mode blocking untuk mematikan Wi-Fi dan data ponsel ketika Anda tidak membutuhkan. Untuk penggunaan pada waktu bekerja, ada baikknya mengatur agar perangkat ponsel pada posisi diam atau tidak berdering, bergetar atau terhubung ke internet. Demikian juga, Anda dapat mengatur telepon ke mode pesawat saat Anda tertidur atau gunakan sleep atau blocking mode untuk mengatur batas-batas untuk telepon. ini dapat mengurangi daya penggunaan baterai.
8. Matikan fitur cerdas seperti gerakan udara, Smart scrolling. Kecuali Anda benar-benar menggunakan fitur ini setiap hari, karena setiap fitur yang anda jalankan dapat mengurangi daya baterai anda jadi gunakan fitur sesuai kebutuhan.

9. Matikan GPS, Bluetooth, NFC, Wi-Fi dan data ponsel setiap kali Anda tidak membutuhkan. Hanya mengaktifkan Bluetooth dan NFC selama Anda membutuhkan, dan tidak perlu untuk mengaktifkan keduanya Wi-Fi dan data ponsel secara bersamaan. Tetapi jika Anda lebih sering menggunakan Wi-Fi  tidak ada salahnya untuk selalu aktif dari pada anda untuk selalu menghubungkan ketika anda ingin memakainya karena dapat menguras daya baterai lebih banyak dibanding Wi-Fi selalu on.

10. Gunakan widget mengunci layar atau pemberitahuan jika ROM Anda mendukung, atau menginstal sebuah aplikasi seperti Dynamic Notifications. Anda akan bisa mendapatkan semua konten Anda tanpa harus membuka telepon Anda sepenuhnya. Jika Anda memiliki perangkat layar AMOLED, dengan menggunakan aplikasi notifikasi layar kunci dengan latar belakang hitam bisa menghemat baterai anda secara signifikan.
11. Widget Ditch Anda tidak benar-benar anda butuhkan, terutama yang terhubung ke internet seperti widget cuaca.

12. Menjaga aplikasi Anda diperbarui. Ada alasan pengembang terus-menerus memperbarui aplikasi, dan banyak dari alasan ini adalah
untuk optimasi memori dan baterai. Menjaga aplikasi Anda diperbarui juga berarti Anda memiliki optimasi terbaik yang tersedia. Demikian juga, menghapus aplikasi lama  yang tidak lagi digunakan, karena ini dapat menjalankan proses latar belakang tersebut chew up RAM dan daya tahan baterai.

13. Jika telepon Anda memiliki baterai atau mode hemat daya atau opsi manajemen baterai lainnya, gunakan itu.
14. Semua ROM, apakah itu persediaan Android, OEM UI seperti TouchWiz atau ROM kustom seperti CyanogenMod, memiliki berbagai pengaturan pada menu untuk membantu menghemat atau mengoptimalkan konsumsi baterai. Cari berbagai pilihan untuk perangkat Anda dan ROM.
 
15. Matikan auto-syncing untuk akun Google. Jika Anda tidak perlu setiap akun Google tunggal diperbarui setiap lima belas menit, hanya pergi ke Pengaturan dan akun Google dan matikan auto-sync untuk aplikasi tersebut sehingga Anda tidak membutuhkan terus diperbarui.

16. Mengatur aplikasi untuk update hanya saat meluncurkannya. Jika Anda jarang (atau sangat sering) membuka sebuah aplikasi, mungkin lebih baik untuk hanya memiliki update ketika Anda melakukannya, daripada memperbarui secara otomatis sepanjang waktu melalui pemberitahuan push atau interval sync.

Dan satu tip tambahan: mengubah pengaturan Play Store Google Anda untuk manual update aplikasi Anda. Jika Anda memiliki Play Store di set ke auto-update, Anda mungkin memiliki lima belas apps memperbarui saat anda tidak mengharapkannya. Jika, merusak masa pakai baterai Anda (dan data plan) tanpa Anda menyadarinya. Semoga dari beberapa tips diatas dapat bermanfaat untuk memperpanjang masa waktu baterai anda.
Baca juga android yang mempunyai daya baterai paling lama  disini
Title : Tips bagaimana cara menghemat daya pakai baterai ponsel
Description : 1. Jika telepon Anda memiliki layar AMOLED ( seperti kebanyakan Samsung ) , menggunakan latar belakang berwarna gelap, karena la...

0 Response to "Tips bagaimana cara menghemat daya pakai baterai ponsel"

Posting Komentar

Wikipedia

Hasil penelusuran